Skip to main content

mengenal lebih jauh teknologi Augmented reality

Mengenal lebih jauh teknologi Augmented Reality
Definisi secara umum mengatakan bahwa Teknologi Augmented Reality (AR) adalah penggabungan antara objek virtual dengan objek nyata. Sebagai contoh, adalah saat stasiun televisi,menyiarkan pertandingan sepak bola, terdapat objek virtual, tentang skor pertandingan yang sedang berlangsung.
Menurut wikipedia, bahwa Realitas tambah, atau kadang dikenal dengan singkatan bahasa Inggrisnya AR (augmented reality), adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, realitas tertambah sekedar menambahkan atau melengkapi kenyataan.
Sejarah teknologi Augmented Reality
Konsep pertama augmented reality dikenalkan oleh Morton Heilig, seorang cinematographer pada tahun 1950an. Ketika itu Augmented Reality membutuhkan sebuah alat yang besar sebagai alat output. Alat output dapat berupa yang dipasang ditubuh kita (dikenal dengan nama HMD, Head Mounted Device), ada juga yang berupa monitor, seperti monitor TV, LCD, monitor ponsel, dll.
Alat HMD pertama kali ditemukan pada tahun 1968 oleh Ivan Sutherland dari Harvard University. Augmented reality dengan input berupa sensor GPS diperkenalkan pada tahun 2003 dari hasil penelitian Loomis, dkk pada karya ilmiahnya Personal guidance system for the visually impaired using GPS, GIS, and VR technologies, pada tahun 1994.

Ilustrasi penggunaan dua jenis perangkat HMD yang digunakan untuk menampilkan data dan informasi tambahan
Pada tahun 1996, Rekimoto dalam karya ilmiahnya Augmented Reality Using the 2D Matrix Code. In Proceedings of the Workshop on Interactive Systems and Software memperkenalkan marker 2D untuk pertama kalinya. Dua tahun kemudian ARtoolkit, augmented reality library pertama kali diluncurkan oleh Kato
Pada tahun 2009 Lab MIT(Mistry, dkk) meneliti sixth sense project dan Wear Ur World – A Wearable Gestural Interface dimana augmented reality di implementasikan pada kehidupan sehari-hari.
Arsitektur Teknologi Augmented Reality
Input
Input dapat berupa apa saja, contoh marker, gambar 2D, gambar 3D, sensor wifi, sensor gerakan, GPS, dan sensor-sensor yang lain.
Kamera
Kamera disini sebagai perantara untuk input yang berupa gambar, baik itu marker, gambar 2D maupun 3D.
Prosessor
Prosessor dibutuhkan untuk memproses input yang masuk dan kemudian memberikannya ke tahapan output.
Output
Dapat berupa HMD, monitor, seperti monitor TV, LCD, monitor ponsel, dll

arsitektur pada teknologi augmented reality
Penggunaan Teknologi Augmented Reality berbasis aplikasi handphone
Ada beberapa aplikasi handphone yang rata-rata untuk android dan iPhone yang menggunakan teknologi Augmented Reality ini, untuk source code dan keterangan nya anda searching sendiri ya, karena yang saya bahas disini cuma basis aplikasinya supaya lebih paham tentang teknologi ini, jadi bukan lebih ke aplikasi nya langsung.
beberapa contoh aplikasinya yaitu:
  1. Wkitude
  2. Game: Sky Siege, Paintball Arena, dan Parallel Kingdom
  3. Car Finder
  4. Google Sky Map
  5. AR Soccer

Keren nih buat yang terobsesi jadi pemain bola yang handal
Penjelasan tentang teknologi augmented reality sampai disini saja ya, karena keterbatasan saya pada hari ini untuk mencari sumber-sumber yang bisa di percaya untuk mengisi artikel penjelasan lebih detail tentang augmented reality ini. Oh iya artikel ini juga saya kutip dari banyak sumber baik luar maupun dalam negeri, tujuan nya tidak lain tidak bukan supaya pengetahun kita akan lebih luas, terima kasih untuk para penyedia konten (sumber) yang telah mem-posting artikel tentang augmented reality ini. Mungkin kedepannya kita juga akan membahas tentang Augmented Reality Tutorial, Augmented Reality Game, dan sebagainya yang penting berhubungan dengan teknologi augmented reality.

Comments

Popular posts from this blog

CARA KERJA DAN SETTING BANDWIDTH DI MIKROTIK DENGAN MENGGUNAKAN SIMPLE QUEUE MAUPUN QUEUE TREE

Pada Router Mikrotik sendiri sudah tersedia fitur yang bisa membatasi (limit) quota bandwidth tiap user yang terkoneksi ke Router Mikrotik yaitu Queue. Ada dua macam Queue pada Mikrotik : Queue Simple  : merupakan cara yang mudah dan sederhana untuk melakukan management bandwidth yang diterapkan pada jaringan skala kecil sampai menengah untuk mengatur pemakaian bandwidth upload dan download tiap user yang terkoneksi.. Queue Tree  : mirip seperti Queue simple tapi lebih rumit, yaitu dapat melakukan pembatasan bandwidth berdasarkan group bahkan secara hierarki, dimana harus mengaktifkan fitur Mangle pada Firewall jika ingin menggunakan Queue Tree. Queue tree mengimplementasikan fungsi yang lebih kompleks dalam limit bandwidth pada mikrotik dimana penggunaan packet mark nya memiliki fungsi yang lebih baik .  Digunakan untuk membatasi satu arah koneksi saja baik itu download maupun upload. Berikut cara kerja Simple Queue dan Queue Tree : 1. Queue Simple antr...

The foods and beverages merchant in jabodetabek lost their income until Rp 200 billion

The Foods and Beverages Merchants in Jabodetabek Lost Their Income Until Rp 200 billion Bad weather that hit several regions in Indonesia is large enough to impact the food and beverage industry in this country. For only the Jabodetabek area, the floods predicted suppress the turnover to 25 percent. Chairman of the Food and Beverage Association of Indonesia (Gapmmi) Adhi Lukman explained, a decrease of revenue is due to the difficulty of the distribution of products from the factory to the market because of the flooding block. Thus, it spreads on the decline in consumption. As an overall result, Adhi estimated the food and beverage industry in Jabodetabek lost the income until Rp 200 billion per day. “In the normal situation, the income in each day for this region reached USD 800 billion,” he said on Tuesday (01/21/2014). It is not only the distribution to the consumer, food and beverage manufacturers must also bear the losses due to the distribution of raw materials from the a...

Langkah point to point dengan google earth

peran google earth untuk pemasangan antena point to point   Peran Google Earth dalam pemasangan antena Point to Point sangat penting. Dengan adanya google earth ini kita bisa menentukan jarak, arah, kondisi medan dan ketinggian tanah. Cara pengoperasiannya cukup sederhana, kita hanya perlu menentukan titik satu dengan titik yang di tuju, kemudian menghubungkan kedua titiknya.     1.  langkah pertama download dahulu Google earth 2. Kemudian install aplikasi Google earth 3. Ketik lokasi yang ingin dicari di search kemudian telusuri,kemudian atur penanda letak 4.kalau sudah di temukan lokasinya ,di beri penanda seperti gambar di bawah ini dan beri nama 5.ketik lokasi rumahmu di pencarian ,setelah itu beri tanda dan nama sesuai yang kamu inginkan,seperti pada gambar di bawah ini 6.langkah selanjutnya klik jalur lokasi rumah ke sekolah seperti gambar di bawah ini 7. Kemudian klik kanan pilih propertis atur ketinggian dan peng...