Skip to main content

mengenal lebih jauh teknologi Augmented reality

Mengenal lebih jauh teknologi Augmented Reality
Definisi secara umum mengatakan bahwa Teknologi Augmented Reality (AR) adalah penggabungan antara objek virtual dengan objek nyata. Sebagai contoh, adalah saat stasiun televisi,menyiarkan pertandingan sepak bola, terdapat objek virtual, tentang skor pertandingan yang sedang berlangsung.
Menurut wikipedia, bahwa Realitas tambah, atau kadang dikenal dengan singkatan bahasa Inggrisnya AR (augmented reality), adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, realitas tertambah sekedar menambahkan atau melengkapi kenyataan.
Sejarah teknologi Augmented Reality
Konsep pertama augmented reality dikenalkan oleh Morton Heilig, seorang cinematographer pada tahun 1950an. Ketika itu Augmented Reality membutuhkan sebuah alat yang besar sebagai alat output. Alat output dapat berupa yang dipasang ditubuh kita (dikenal dengan nama HMD, Head Mounted Device), ada juga yang berupa monitor, seperti monitor TV, LCD, monitor ponsel, dll.
Alat HMD pertama kali ditemukan pada tahun 1968 oleh Ivan Sutherland dari Harvard University. Augmented reality dengan input berupa sensor GPS diperkenalkan pada tahun 2003 dari hasil penelitian Loomis, dkk pada karya ilmiahnya Personal guidance system for the visually impaired using GPS, GIS, and VR technologies, pada tahun 1994.

Ilustrasi penggunaan dua jenis perangkat HMD yang digunakan untuk menampilkan data dan informasi tambahan
Pada tahun 1996, Rekimoto dalam karya ilmiahnya Augmented Reality Using the 2D Matrix Code. In Proceedings of the Workshop on Interactive Systems and Software memperkenalkan marker 2D untuk pertama kalinya. Dua tahun kemudian ARtoolkit, augmented reality library pertama kali diluncurkan oleh Kato
Pada tahun 2009 Lab MIT(Mistry, dkk) meneliti sixth sense project dan Wear Ur World – A Wearable Gestural Interface dimana augmented reality di implementasikan pada kehidupan sehari-hari.
Arsitektur Teknologi Augmented Reality
Input
Input dapat berupa apa saja, contoh marker, gambar 2D, gambar 3D, sensor wifi, sensor gerakan, GPS, dan sensor-sensor yang lain.
Kamera
Kamera disini sebagai perantara untuk input yang berupa gambar, baik itu marker, gambar 2D maupun 3D.
Prosessor
Prosessor dibutuhkan untuk memproses input yang masuk dan kemudian memberikannya ke tahapan output.
Output
Dapat berupa HMD, monitor, seperti monitor TV, LCD, monitor ponsel, dll

arsitektur pada teknologi augmented reality
Penggunaan Teknologi Augmented Reality berbasis aplikasi handphone
Ada beberapa aplikasi handphone yang rata-rata untuk android dan iPhone yang menggunakan teknologi Augmented Reality ini, untuk source code dan keterangan nya anda searching sendiri ya, karena yang saya bahas disini cuma basis aplikasinya supaya lebih paham tentang teknologi ini, jadi bukan lebih ke aplikasi nya langsung.
beberapa contoh aplikasinya yaitu:
  1. Wkitude
  2. Game: Sky Siege, Paintball Arena, dan Parallel Kingdom
  3. Car Finder
  4. Google Sky Map
  5. AR Soccer

Keren nih buat yang terobsesi jadi pemain bola yang handal
Penjelasan tentang teknologi augmented reality sampai disini saja ya, karena keterbatasan saya pada hari ini untuk mencari sumber-sumber yang bisa di percaya untuk mengisi artikel penjelasan lebih detail tentang augmented reality ini. Oh iya artikel ini juga saya kutip dari banyak sumber baik luar maupun dalam negeri, tujuan nya tidak lain tidak bukan supaya pengetahun kita akan lebih luas, terima kasih untuk para penyedia konten (sumber) yang telah mem-posting artikel tentang augmented reality ini. Mungkin kedepannya kita juga akan membahas tentang Augmented Reality Tutorial, Augmented Reality Game, dan sebagainya yang penting berhubungan dengan teknologi augmented reality.

Comments

Popular posts from this blog

CARA PENGGUNA'AN DATA MENGGUNAKAN I PHONE CISCO

CARA KONFIGURASI VOIP DENGAN CISCO PACKET TRACER   Voice over Internet Protocol  (juga disebut  VoIP ,  IP Telephony ,  Internet telephony  atau  Digital Phone ) adalah teknologi yang memungkinkan percakapan  suara  jarak jauh melalui media  internet . Data suara diubah menjadi kode digital  dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket  data , dan bukan lewat sirkuit  analog   telepon  biasa. Suara pada VoIP dikirim melalui sistem internet protokol. Kali ini Fathan akan berbagi bagaimana cara konfigurasi VoIP menggunakan Cisco Packet Tracer. langkah langkahnya sebagai berikut : Buka cisco paket tracer minimal versi 5.3.3 Buat sebuah router jenis 2811 Buat sebuah switch jenis 2960 Buat 3 IP phone Sambungkan seluruh ip phone ke switch lalu hubungkan semua switch ke router, semuanya menggunakan kabel jenis straight Sambungkan power adapter ke semua IP phone Masuk ke tahan konfigurasi switch Klik pada switch dan masuk ke tab CLI (kita

3.5 Menerapkan Pemasangan Perangkat Jaringan Nirkabel

1. Antena dan Tower   Antena adalah perangkat listrik yang mengubah tenaga listrik menjadi gelombang radio, dan sebaliknya. Biasanya, digunakan dengan pemancar radio atau penerima radio. Dalam transmisi, pemancar radio memasok frekuensi radio arus listrik berosilasi ke terminal antena, dan antena memancarkan energi dari arus gelombang elektromagnetik (gelombang radio). Dalam penerimaan, antena memotong beberapa kekuatan gelombang elektromagnetik untuk menghasilkan tegangan kecil di terminal. Tegangan ini diterapkan ke penerima yang akan diperkuat.   Antena adalah komponen penting dari semua jenis peralatan yang memanfaatkan radio. Ini termasuk: siaran radio, siaran televisi, radio dua arah, penerima komunikasi, radar, ponsel, dan komunikasi satelit; serta perangkat lain seperti pembuka pintu garasi, mikrofon nirkabel, bluetooth perangkat diaktifkan, jaringan komputer nirkabel, monitor bayi, dan tag RFID pada barang dagangan.   Antena juga dapat mencakup unsu

The foods and beverages merchant in jabodetabek lost their income until Rp 200 billion

The Foods and Beverages Merchants in Jabodetabek Lost Their Income Until Rp 200 billion Bad weather that hit several regions in Indonesia is large enough to impact the food and beverage industry in this country. For only the Jabodetabek area, the floods predicted suppress the turnover to 25 percent. Chairman of the Food and Beverage Association of Indonesia (Gapmmi) Adhi Lukman explained, a decrease of revenue is due to the difficulty of the distribution of products from the factory to the market because of the flooding block. Thus, it spreads on the decline in consumption. As an overall result, Adhi estimated the food and beverage industry in Jabodetabek lost the income until Rp 200 billion per day. “In the normal situation, the income in each day for this region reached USD 800 billion,” he said on Tuesday (01/21/2014). It is not only the distribution to the consumer, food and beverage manufacturers must also bear the losses due to the distribution of raw materials from the a