Skip to main content

Tutorial Membuat Aplikasi Augmented Reality Berbasis Android Menggunakan Unity + Vuforia SDK

Membuat Aplikasi Augmented Reality Berbasis Android Menggunakan Unity + Vuforia SDK

Sebenarnya artikel ini ingin saya tulis di bagian akhir blog ini karena sepertinya artikel ini hanya bersifat tambahan dan pelengkap saja. Namun karena request dari beberapa teman dan saya pikir banyak teman yang mengambil judul proyek akhir tentang Augmented Reality maka saya tulislah artikel ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca ^^

Augmented Reality, mungkin bagi orang yang awam dengan dunia IT merupakan kata yang asing dan jarang diucapkan. Namun bagi orang yang sehari-harinya bergelut dengan dunia IT dan pemrograman tentu tidak asing dengan kata ini. Kemudian apa yang dimaksud dengan Augmented reality itu?? Menurut sumber Wikipedia dengan link http://id.wikipedia.org/wiki/Realitas_tertambah yang dipetik tanggal 16 Februari 2012 jam 12.53, Augmented Reality atau sering disingkat sebagai AR adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata.Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, realitas tertambah sekedar menambahkan atau melengkapi kenyataan.
Daripada saya menjelaskan dengan berbusa-busa, langsung saja saya beri contoh augmented reality. Berikut adalah foto-fotonya :


Atau lebih jelas nya lihat video di bawah
Nah…. Sekarang sudah tau kan apa itu AR… Kalau sudah tau langsung saja kita belajar cara membuatnya. Dijamin tidak susah dan tidak ribet ^^ Berikut adalah langkah-langkahnya :
1. Pertama install qcar SDK yang bisa didownload secara gratis disini 
2. Pilih installer untuk windows sebagai unity extension
3. Setelah didownload kemudian  install librarinya
4. Buka Unity game engine, kalau belum tau apa itu unity bisa lihat di artikel saya tentang Unity  disini
5. Kemudian buat project baru, klik file -> new project
6. Kemudian akan muncul kotak dialog baru, untuk menentukan dimana project disimpan dan assets apa saja yang akan diimport. Tentukan letak projectnya dan import asset qcar kemudian klik create

7. Setelah project baru dibuat lihat pada window project pada unity. Maka akan terdapat assets standar dari qcar yang bisa dibuat untuk membuat aplikasi AR. Usahakan jangan merubah susunan dari folder dan file-file ini.  Perhatikan pada folder Qualcomm Augmented Reality -> Prefabs. Disitu bisa kita lihat prefabs standar dari qcar SDK

8.Kemudian jangan lupa untuk mensetting platform dari project yang kita buat. Klik File -> Build Settings. Ganti dari PC And Mac Standalone ke Android, kemudian klik switch platform. Kemudian kemudian klik Plyer Settings dan atur pada bagian Identification dan Configuration

9. Setelah itu kita cari markernya. Marker bisa anda buat sendiri atau sekedar download di google. Kali ini saya akan memakai marker sbb:

10. Selanjutnya kita registerkan marker kita di https://ar.qualcomm.at/qdevnet/ kemudian silahkan login, dan bagi yang belum memiliki account maka silahkan mendaftar dulu. Setelah login berhasil selanjutnya klik My Trackables dan klik New Project 

11. Berinama project kemudian klik Ok. dan anda akan masuk dalam project anda. Kemudian klik ‘Create a trackable’. Beri nama trackablenya, tentukan typenya dan lebarnya. Kemudian klik Create Trackable

12. Setalah anda klik ‘Create Trackable’ maka anda akan disuruh mengupload image yang akan anda jadikan marker dan tunggu sampai proses uploadnya selesai.
13. Kemudian marker anda akan diproses dan ditampilkan sekaligus diberi rating dengan tanda bintang. semakin banyak bintang maka kualitas marker semakin baik. Gunakan marker dengan warna kontras dan kaya texture untuk mendapatkan nilai terbaik. Marker yang buruk akan sulit dideteksi device atau bahkan tidak bekerja.
14. Selanjutnya back ke project dengan klik back

15. Centang trackable mana saja yang akan dipakai kemudian klik ‘download selected trackables’

16. Kemudian anda akan diberi dua pilihan apakah akan mendownload sebagai library eclipse, ataukah sebagai asset unity. Pilih ‘unity editor’ kemudian klik next, maka anda akan mendownload file dengan extensi .unitypackage
17. Jika download selesai maka klik dua kali file tersebut, maka file asset tersebut secara otomatis akan diimport pada project unity anda.
18. Kembali ke unity drag dan drop prefab ImageTarget dan ARCamera dari Window Project ke dalam Window Scene. Jangan lupa untuk menghapus Main Camera dari Scene (Lihat kembali prefab ImageTarget dan ARCamera  pada point 7 di atas)
19. Aturlah posisi Image Target dan ARCamera pada Window Scene sedemikian rupa agar anda dapat menemukannya dengan mudah. Untuk saya biasanya meletakkan Image Target pada posisi x=0, y=0, dan z=0. dan untuk AR Camera x=0, y=50, dan z=0 dan rotation x=90.
20. Klik Image Target pada Window Scene atau Window Hierarchy dan tentukan marker dengan mengisi bagian Image Target pada Window Inspector. Pada Contoh ini saya pilih Grass_Texture. PERHATIAN : Jika tidak ada pilihan pada Image Target coba untuk menutup Unity dan bukalah kembali dan cobalah kembali memilih Image Target.

21. Jika sudah dipilih maka seharusnya Image Target pada Window Scene memiliki texture grass seperti marker kita. Kita tinggal meletakkan sebuah object diatas Image target untuk membuat object diatas marker. Pada contoh ini saya pakai objek kubus

22. Selesailah pekerjaan kita. Colokkan device Android anda pada USB port komputer anda. Pastikan device anda dikenali di komputer anda, dan kemudian klk File -> Build and Run
23. Maka pada pilihan Scenes in Build klik Add Current kemudian klik Build and Run tunggu proses transfer ke device anda dan lihat device anda akan menjalankan program yang barusan anda buat. Arahkan kamera ke marker yang telah anda print dan taraaat…. lihat apa yang terjadi!! ^^

Comments

Popular posts from this blog

CARA PENGGUNA'AN DATA MENGGUNAKAN I PHONE CISCO

CARA KONFIGURASI VOIP DENGAN CISCO PACKET TRACER   Voice over Internet Protocol  (juga disebut  VoIP ,  IP Telephony ,  Internet telephony  atau  Digital Phone ) adalah teknologi yang memungkinkan percakapan  suara  jarak jauh melalui media  internet . Data suara diubah menjadi kode digital  dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket  data , dan bukan lewat sirkuit  analog   telepon  biasa. Suara pada VoIP dikirim melalui sistem internet protokol. Kali ini Fathan akan berbagi bagaimana cara konfigurasi VoIP menggunakan Cisco Packet Tracer. langkah langkahnya sebagai berikut : Buka cisco paket tracer minimal versi 5.3.3 Buat sebuah router jenis 2811 Buat sebuah switch jenis 2960 Buat 3 IP phone Sambungkan seluruh ip phone ke switch lalu hubungkan semua switch ke router, semuanya menggunakan kabel jenis straight Sambungkan power adapter ke semua IP phone Masuk ke tahan konfigurasi switch Klik pada switch dan masuk ke tab CLI (kita

3.5 Menerapkan Pemasangan Perangkat Jaringan Nirkabel

1. Antena dan Tower   Antena adalah perangkat listrik yang mengubah tenaga listrik menjadi gelombang radio, dan sebaliknya. Biasanya, digunakan dengan pemancar radio atau penerima radio. Dalam transmisi, pemancar radio memasok frekuensi radio arus listrik berosilasi ke terminal antena, dan antena memancarkan energi dari arus gelombang elektromagnetik (gelombang radio). Dalam penerimaan, antena memotong beberapa kekuatan gelombang elektromagnetik untuk menghasilkan tegangan kecil di terminal. Tegangan ini diterapkan ke penerima yang akan diperkuat.   Antena adalah komponen penting dari semua jenis peralatan yang memanfaatkan radio. Ini termasuk: siaran radio, siaran televisi, radio dua arah, penerima komunikasi, radar, ponsel, dan komunikasi satelit; serta perangkat lain seperti pembuka pintu garasi, mikrofon nirkabel, bluetooth perangkat diaktifkan, jaringan komputer nirkabel, monitor bayi, dan tag RFID pada barang dagangan.   Antena juga dapat mencakup unsu

The foods and beverages merchant in jabodetabek lost their income until Rp 200 billion

The Foods and Beverages Merchants in Jabodetabek Lost Their Income Until Rp 200 billion Bad weather that hit several regions in Indonesia is large enough to impact the food and beverage industry in this country. For only the Jabodetabek area, the floods predicted suppress the turnover to 25 percent. Chairman of the Food and Beverage Association of Indonesia (Gapmmi) Adhi Lukman explained, a decrease of revenue is due to the difficulty of the distribution of products from the factory to the market because of the flooding block. Thus, it spreads on the decline in consumption. As an overall result, Adhi estimated the food and beverage industry in Jabodetabek lost the income until Rp 200 billion per day. “In the normal situation, the income in each day for this region reached USD 800 billion,” he said on Tuesday (01/21/2014). It is not only the distribution to the consumer, food and beverage manufacturers must also bear the losses due to the distribution of raw materials from the a